SEARCH BLOG Cherries ini (^__^)

Sunday, February 28, 2010

Lontong Cap Go Meh



Apa itu Cap Go Meh dan apa makna di balik perayaannya?

Ternyata, tidak semua warga Suku Tionghoa yang notabene menjalani tradisi ini tahu jawabannya. Rata-rata mereka hanya mengatakan ini adalah tradisi turun-temurun untuk merayakan tahun baru.

Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir perayaan Imlek bagi Etnik Tionghoa. Istilah ini berasal dari dialek bahasa Hokkien/Hokkien. Secara harafiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama.

Hal ini diungkapkan Sekretaris II Yayasan Klenteng Ibu Agung Bahari, Sugeng Surianto, kepada Upeks, Kamis (22/2). "Perayaan ini merupakan tradisi yang sudah turun temurun dari nenek moyang kita. Dalam perayaan dilakukan sembahyang bersama memanjatkan doa kepada Dewa Dewi," tambah Sugeng.

Cap Go Meh juga merupakan bulan penuh pertama dalam Tahun Baru Imlek. Perayaan ini dirayakan dengan jamuan besar dan berbagai kegiatan.
Seperti di Taiwan dirayakan Festival Lampion, di Asia Tenggara dikenal sebagai hari Valentine Tionghoa, masa ketika wanita-wanita yang belum menikah berkumpul bersama dan melemparkan jeruk ke dalam laut. Suatu adat yang berasal dari Penang, Malaysia. (mg03/suk/C)

Source:
http://www.indocina.net/viewtopic.php?f=2&t=35727&start=0

No comments:

Post a Comment