SEARCH BLOG Cherries ini (^__^)

Saturday, February 20, 2010

Tahun Baru Imlek 2010 – Shio Macan Logam















Tahun Baru Imlek 2010 – Shio Macan Logam

Berdasarkan penanggalan China, Tahun 201o merupakan tahun Macan Logam yang dimulai tanggal 4 Februari 2010 sampai 2 February 2011. Ini berarti tahun depan, tahun baru Imlek akan jatuh pada tanggal 3 Februari 2011. Tahun baru China (Tahun baru Imlek) tidak dimulai pada tanggal 1 Januari, tapi dihitungkan berdasarkan bulan baru ke-2 setelah musim dingin equinok (waktu siang=waktu malam di China), sehingga setiap tahun akan memiliki tanggal Masehi yang berbeda.

Tahun terus berganti dengan mengikuti 12 siklus (periode) dan setiap tahun diwakili dengan seekor hewan. Dan tahun (shio) kerbau merupakan urutan ke-2 dari 12 shio. Siklus 12 tahun akan berulang setiap lima kali membentuk pola siklus besar 60 tahun (kelipatan persekutuan terkecil dari 12 shio, 5 unsur, dan 2 energi). Setiap shio dalam 12 tahun tersebut memiliki sebuah elemen/unsur (kayu, api, tanah, logam, air) dengan karateristk Yin atau Yan. Unsur dan karateristik akan menentukan sifat dan karakter orang dengan shio tahun tersebut. Siklus 60 tahun ini disebut juga sebagai sistem “Stem-Branch’. Tahun 2010 baru memasuki tahun ke-11 dari siklus 60 tahun.


Kalender China

Kalender China telah digunakan selama berabad-abad, jauh mendahului sistem kalender Internasional (berdasarkan kalender Gregorian) yang dikenal luas di saat ini. Sistem perhitungan waktu Kalender China dimulai dari menit ke jam, interval waktu diukur dalam bulan, tahun, dan abad. Semua perhitungan tersebut didasarkan pada pengamatan astronomi dari gerakan matahari, bulan dan bintang.
















Karakter dan Sifat Dasar Shio Macan

Menurut kepercayaan masyarakat Cina, simbol Macan melambangkan kekuasaan dan keperkasaan. Macan adalah binatang petarung, gigih, dan tidak kenal takut. Shio Macan serupa dengan sifat asli macan. Ia selalu muncul pada saat yang tepat dengan pesona dan kejutan. Dorongan hati dan semangatnya membius sekaligus merangsang. Ia membangkitkan semangat orang sekelilingnya. Shio Macan senang memikat dan menjadi pusat perhatian.

Shio Macan tidak bisa berdiam diri, tetapi mudah curiga dan sulit mempercayai orang lain. Shio Macan sangat temperamental, tulus, penuh kasih sayang, murah hati, dan memiliki selera humor yang menakjubkan. Pemilik Shio Macan sangat mencintai anak kecil, binatang, musik jazz, atau apa saja yang bisa memancing imajinasinya. Jika terlibat dalam sesuatu hal, ia akan terjun atau terlibat secara total. Ketika Shio Macan sedang mengagumi sesuatu, bahkan bernafas pun akan dinomorduakan. Dalam bertindak, ia tidak pernah setengah hati. Shio Macan bisa dipercaya 100%.

Kenyakan Shio Macan menggeluti kehidupan seni sejak usia muda, mulai yang keranjingan hidup betualang, menyukai roman asli Perancis, melukis, penyanyi solo atau band, ataupun aktor. Selain optimis, Shio Macan tidak terlalu materialistis dan memedulikan keamanannya. Seringkali, pemilik Shio Macan bertindak berdasarkan dorongan hati, mengekspresikan keinginan diri, menegaskan identitas, atau menciptakan kepribadian yang berbeda dengan kelaziman. Di mata orang awam, penampilan Shio Macan terlihat agak norak. Namun, 9 dari 10 orang cenderung akan menyokongnya, meski sambil menggelengkan kepala sekaligus menahan nafas menyaksikan aksi ‘gilanya’.

Dalam keadaan normal, orang bershio Macan terlihat ceria, terbuka, optimis, hangat, humoris, dan bahkan romantis. Ia bisa melucu, bisa juga sangat mesra, atau bahkan bisa menjadi seorang pemarah yang sangat sentimentil. Namu, ia punya kecenderungan posesif. Dan, kalau kesal atau ‘jatuh’, ia sangat membutuhkan ‘segerobak’ simpati dari teman-teman dekatnya. Jangan pernah berdebat siapa yang benar dan siapa yang salah di depan pemilik Shio Macan. Baginya, logika sama sekali tidak berarti apa-apa. Jangan segan-segan untuk menghiburnya. Ia akan melakukan hal yang sama dua kali lipat ketika keadaanya sudah membaik. Ia suka mendengarkan kata-kata atau nasihat bijak, tetapi bukan berarti ia akan mengikutinya. Tidak peduli seberapa kalut pikirannya, seberapa dalam kekecewaannya, atau seberapa kuat tekanan mengepungnya, orang bershio Macan tidak akan pernah patah semangat. Rasanya, ada energi hidup yang selalu berkobar di dalam diri Shio Macan.

Shio Macan mempunyai ego yang besar. Dunianya tidak lepas dari gelimang uang, kekuasaan, dan ketenaran. Pada masa mudanya, Shio Macan habis-habisan mengejar sukses dan mewujudkan mimpinya. Ketika usianya memasuki senja, ia tetap tidak rela untuk berpangku tangan. Staminanya seakan tak pernah habis untuk melakukan hal-hal menantang yang belum sempat dilakukannya. Ia mencintai kehidupan dengan mereguk isinya hingga puas. Kehidupan Shio Macan memang berubah-ubah, diwarnai tawa, air mata, sakit hati, kegembiraan, putus asa, dan kecamuk emosi. Ia sama sekali tidak mau dikasihani. Kelemahan Shio Macan adalah sikap terburu-buru dalam mengambil keputusan.












Karakter Berdasarkan Jam Kelahiran

* Shio Macan yang dilahirkan antara pukul 23.00-01.00 adalah pribadi penuh kasih, tetapi temperamental dan sedikit ‘aneh’, yaitu seringkali memulai pertengkaran atau konflik hanya untuk merasakan nikmatnya berbaikan kembali.
* Shio Macan yang dilahirkan antara pukul 01.00-03.00 memiliki sifat kombinasi antara berkemauan keras dan pemarah.
* Shio Macan yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 adalah pribadi berangasan, senang memicu pertengkaran, sangat bersemangat, dan seringkali temperamennya berubah-ubah, tetapi sangat menawan.
* Shio Macan yang dilahirkan pukul 05.00-07.00 adalah pribadi tenang, tetapi emosinya meledak-ledak.
* Shio Macan yang dilahirkan pukul 07.00-09.00 adalah pribadi yang bersemangat mencapai target tertinggi dan mampu menjadi pemimpin yang baik.
* Shio Macan yang dilahirkan pukul 09.00-11.00 adalah pribadi yang mampu mengontrol emosi ketika amarahnya meledak-ledak dan jago berdiplomasi.
* Shio Macan yang dilahirkan pukul 11.00-13.00 adalah pribadi yang praktis, logis, dan mampu memprediksi segala risiko sebelum bertindak, tetapi agak urakan, lepas tanpa terkendali, dan kurang bertanggung jawab.
* Shio Macan yang dilahirkan pukul 13.00-15.00 adalah pribadi yang tenang, suka mengamati, dan artistik, tetapi sangat posesif.
* Shio Macan yang dilahirkan pukul 15.00-17.00 adalah pribadi yang cerdik dan bertenaga.
* Shio Macan yang dilahirkan pukul 17.00-19.00 adalah pribadi yang menarik dan atraktif.
* Shio Macan yang dilahirkan pukul 19.00-21.00 adalah pribadi yang berpikiran positif, mampu bekerja sama dalam tim, dan fair play, tetapi ucapannya sering menyakiti hati.
* Shio Macan yang dilahirkan pukul 21.00-23.00 adalah pribadi yang gemar menuruti kata hati, akan segera puas ketika telah mendapatkan keinginannya, dan berusaha keras untuk menyenangkan keluarga atau teman-teman terdekatnya, tetapi relatif agak sensitif, perasa, dan pendendam.


Berikut periode tahun Macan sejak 1902 hingga 2011

* 8 Februari 1902- 28 Januari 1903 : Macan Air
* 26 Januari 1914 – 13 Februari 1915 : Macan Kayu
* 13 Februari 1926 – 1 Februari 1927 : Macan Api
* 31 Januari 1938 – 18 Februari 1939 : Macan Tanah
* 17 Februari 1950 - 5 Februari 1951 : Macan Logam
* 5 Februari 1962 - 24 Januari 1963 : Macan Air
* 23 Januari 1974 – 10 Februari 1975 : Macan Kayu
* 9 Februari 1986 - 28 Januari 1987 : Macan Api
* 28 Januari 1998 – 15 Februari 1999 : Macan Tanah
* 14 Februari 2010 – 2 Februari 2011 : Macan Logam

Source:
http://nusantaranews.wordpress.com/2009/01/26/tahun-baru-imlek-shio-kerbau-2009/

No comments:

Post a Comment